ARSITEKTUR KONTEMPORER SEBAGAI PENDEKATAN PERANCANGAN SEKOLAH TINGGI DESAIN DI KOTA KENDARI
Kata Kunci:
pendidikan, sekolah tinggi, desain, Arsitektur kontemporerAbstrak
Kota Kendari sebagai Ibukota Sulawesi Tenggara menjadi salah satu daerah pusat aktivitas penduduk, baik yang berdomisili di dalam kota maupun dari luar kota/daerah. Aktivitas tersebut bisa dari berbagai aspek, salah satunya aspek pendidikan. Sayangnya, ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan di Kota Kendari dinilai masih belum kompleks, khususnya pada jenjang pendidikan tinggi di bidang desain. Ketiadaan perguruan tinggi khusus di bidang desain menjadi salah satu faktor utama penghambat kemajuan sumber daya manusia yang ada di Kota Kendari yang dinilai masih jauh tertinggal dibanding kota-kota besar yang ada di Indonesia. Perencanaan Sekolah Tinggi Desain adalah gagasan yang cocok untuk menjawab permasalahan tersebut. Sekolah Tinggi Desain direncanakan untuk menyelenggarakan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keahlian di bidang desain.Perencanaan Sekolah Tinggi Desain ini nantinya akan menerapkan pendekatan arsitektur kontemporer pada bangunannya, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip masa kini. Perancangan ini berupaya menghadirkan gubahan yang ekspresif dan dinamis namun tetap memperhatikan fungsi sehingga mampu menjawab tantangan dalam perancangan serta mampu merepresentasikan fungsi bangunan sebagai perguruan tinggi yang berbasis desain.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Garis : Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.